Friday 19th of December 2014
EnglishIndonesia

FEM-IPB
news menu leftnews menu right
Home
FEM-ALUE Bussiness English and Business Skill Training Program PDF Cetak E-mail
There are no translations available.

Fem - Alue TrainingFaculty of Economics and Management-IPB in cooperation with ALUE Co. Ltd Japan conduct a "Bussiness English and Business Skill Training Program" in Bogor, Indonesia. Starting from this day, February 13, 2012 Nine staff of Alue Co. Ltd will follow this training for 5 days until February 17, 2012 in FEM-IPB Darmaga Campus.




FEM- Alue TrainingFEM- Alue Training

FEM- Alue Training

FEM- Alue Training

FEM- Alue Training

FEM- Alue Training

FEM- Alue Training

FEM- Alue Training

FEM- Alue Training

FEM- Alue Training

top of page

Business Training Program
13-17 February 2012
FEM-IPB, Bogor, Indonesia

Fakultas Ekonomi dan Manajemen IPB melaksanakan Business Training Program pada staff Alue Co. Ltd. mulai 13 hingga 17 Februari 2012. Alue merupakan perusahaan di Tokyo, Jepang yang memberikan jasa pelatihan. Sejak terbentuknya sembilan tahun yang lalu, jumlah pekerja di Alue ada sekitar 80 orang dimana 70 orang di Alue Jepang, sedangkan sisanya di cabang China dan India. Alue memandang FEM-IPB memiliki SDM yang berkualitas dan mengajukan permohonan kerjasama tailor-made training yang diadakan di Ruang Sidang FEM-IPB.


Peserta training terdiri dari 7 orang dimana Takata san menjadi ketua kelompoknya. Selain itu Yamaguchi san yang merupakan manajer dan Ikeda san yang merupakan Direktur Alue juga hadir sebagai observer. Rombongan tiba di Bogor hari Minggu sore dan kemudian diadakan welcome dinner di Restoran Galuga yang dihadiri oleh Dekan FEM, Dr. Yusman Syaukat beserta Ibu, Kadep Agribisnis, Dr. Nunung Kusnadi, Kadep Manajemen, Dr. Jono Munandar, Manajer Training Program, Dr. Siti Jahroh, dan Ibu Dewi. Para peserta menginap di Guesthouse Landhuis.


Pembukaan business training program secara formal diadakan hari Senin tanggal 13 February 2012 di Ruang Sidang FEM-IPB yang juga merupakan tempat dilaksanakannya pelatihan. Pembukaan dihadiri oleh Wadek Dr. Firdaus, KPM Dr Anna Faryanti, Kadep Agribisnis Dr. Nunung Kusnadi, dan Kadep Ekonomi Dr. Dedi Budiman Hakim. Pembukaan dipandu oleh Dr. Siti Jahroh yang juga merupakan project manager training program ini. Dalam sambutannya Mr. Ikeda menyampaikan antusiasme yang tinggi akan terselenggaranya business training program yang merupakan kick off untuk selanjutnya dilaksanakan training-training pada masa yang akan datang. Di akhir sambutannya beliau memberi kenang-kenangan berupa kakejiku atau lukisan gantung khas Jepang kepada Dekan FEM. Selanjutnya secara resmi business training program dibuka oleh Dr. Yusman Syaukat.


Secara garis besar, terdapat tiga bagian dalam business training program ini. Bagian pertama merupakan Business English yang disampaikan langsung oleh Native English Speaker, Ms. Tracy Shevlin selama dua setengah hari dari hari Senin hingga Rabu Siang. Bagian kedua diisi dengan cross-cultural activity yang dipandu oleh Dr. Siti Jahroh dengan melibatkan mahasiswa-mahasiswa Master Agribisnis dan program S1 dari Departemen Agribisnis dan departemen lainnya. Tim Alue mempresentasikan company profile beserta trend bisnis di Jepang yang disampaikan oleh Mr. Takata. Suasana tampak lebih meriah dan hidup ketika para mahasiswa dengan semangat tinggi memperkenalkan kebudayaan Indonesia seperti tari Pendet dan Belibis yang ditampilkan oleh Rani, dengan penjelasan tarian disampaikan oleh Triana, pengenalan angklung oleh Yuyun dan Abud, presentasi kelompok Master dipimpin oleh Iqbal. Kelompok program S1 pun tidak mau kalah seru, mereka memperkenalkan Indonesia secara garis besar yang disampaikan oleh Genadi dan Tia, kemudian disambung dengan perkenalan makanan tradisional Indonesia yang langsung bisa dicicipi dan dibagikan oleh Randy dan Sahal. Selanjutnya diadakan diskusi singkat mengenai visi karir, jenis perusahaan yang ingin dimasuki, jenis keahlian atau keterampilan yang dianggap akan berguna bagi karir di masa depan serta keinginan untuk bekerja di luar negeri. Setelah itu diadakan interaksi yang meriah dengan permainan seperti jangkenpong, menyanyi lagu doraemon dalam bahasa Indonesia, dan lain-lain. Bagian terakhir merupakan Business Skills pada hari Kamis dan Jumat yang disampaikan oleh tim yang dipimpin oleh Ibu Lusi Fausia dari Departemen Agribisnis dan juga merupakan bisnis praktisioner langsung. Dengan dibantu oleh anggota tim Ibu Yusalina dan Ibu Siti Jahroh, penyampaian business skills yang menekankan pada pentingnya pengenalan diri serta komunikasi dan negosiasi bisnis tampak hidup dengan disertai permainan-permainan dan role play. Peserta training sangat antusias dan menikmatinya.


Pada Jumat pukul setengah lima kegiatan training harus diakhiri. Para peserta menyampaikan pesan dan kesan selama kegiatan dan perbaikan yang perlu dilakukan untuk kegiatan selanjutnya. Setelah itu Dekan FEM, Dr. Yusman Syaukat menyampaikan closing address yang ditutup dengan penyerahan token of appreciation pada Mr. Yamaguchi dan penyerahan sertifikat pada semua peserta training. Kenang-kenangan IPB pun disampaikan oleh Ibu Lusi Fausia kepada semua peserta. Terakhir, diadakan foto bersama.


Demikianlah Business Training Program yang pertama sudah selesai dilaksanakan. Terima kasih sebesar-besarnya kami sampaikan pada seluruh officials Dekanat FEM yang telah membantu terlaksananya kegiatan ini, seperti Pak Bambang, Bu Dewi, Pak Rio dan lainnya. Sampai bertemu di program training yang lainnya.

FEM DAHSYAT!! (CTJ)

top of page

LAST_UPDATED2
 

FEM International Seminar

Kerjasama Program Studi Ilmu Ekonomi Syari'ah, Dept. IE, FEM-IPB dan Harian Republika

Standar kinerja




Faculty of Economics and Management IPB, Jl. Kamper, IPB Dramaga Campus, Bogor - West Java - Indonesia 16680
Phone/Fax: +62 251-8626520 / 8626631 E-mail: fem@apps.ipb.ac.id
Copyright © 2013 FEM - IPB