Insurance Goes to Campus

Himpunan Profesi Center of Management (COM@), FEM-IPB menyelenggarakan seminar dengan tajuk Insurance Goes to Campus (IGTC) 2015, Rabu 18/10. Kegiatan yang diikuti oleh mahasiswa IPB tersebut mengambil tema “Strategi Pengelolaan Risiko dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean”. Seminar dilaksanakan di Auditorium Andi Hakim Nasution, kampus IPB Dramaga, Bogor.
Kegiatan dibuka secara resmi oleh ketua Dept. Man yang diwakili oleh Dr. Aggraeni Sukmawati. Dalam sambutannya menyampaikan kepada pesertaakan pentingnya mengasah kompetensi untuk menghadapi pasar bebas, terutama Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). “MEA harus dijadikan peluang, sebagai tantangan. Kalian harus bergegas menyiapkan diri, saingan kalian bukan lagi mahasiswa lulusan kampus Indonesia, namun ASEAN,” tegasnya. Lebih lanjut ia menyampaikan bahwa kegiatan seminar seperti ini menjadi penting karena dapat membuka wawasan ragam pekerjaan dengan berbagai kompetensi.
Dengan dimoderatori desen FEM IPB, Dr. Budi Purwanto, kegiatan ini diisi dengan materi yang disampaikan oleh pakar asuransi Ade Zulfikar (Direktur Teknik PT Asuransi Jasa Tania Tbk) serta Antony Japari Ketua Komisi pendidikan Dewan Asuransi Indonesia.

Dalam kesempatan yang sama, ketua pelaksana IGTC 2015, Ribkha Amelia Sutandi berharap dengan kegiatan ini peserta dapat memperoleh pengetahuan mengenaiperan asuransi menghadapi MEA serta penerapan manajemen risiko yang baik dalam asuransi. “kita sebagai generasi bangsa harus mampu bersaing dengan negara lainnya,” jelas Ribkha.

Kegiatan IGTC merupakan salah satu program Dewan Asuransi Indonesia (DAI) yang bertujuan untuk mengenalkan asuransi kepada masyarakat luas, khususnya mahasiswa. DAI tercatat telah menyelenggarakan seminar tentang asuransi sebanyak 107 kali di seluruh Indonesia, dengan total institusi pendidikan yang berpartisipasi sebanyak 52 yang terdiri dari 41 perguruan tinggi, 7 SMA dan 3 pondok pesantren. (as-Pariwara IPB, edited)