Sebanyak 20 Mahasiswa UBC Canada Ikuti Summer Course di IPB


summercourseProgram Studi Ilmu Ekonomi dan Manajemen Pembangunan Daerah, Sekolah Pascasarjana, Institut Pertanian Bogor (SPs IPB) bekerjasama dengan The University of British Columbia (UBC) Canada mengadakan kegiatan program “Summer Course” tahun 2018Kegiatan Summer Course dilaksanakan dari tanggal 2-31 Mei  2018. Sebanyak 20 orang mahasiswa UBC Canada yang mengikuti kegiatan ini diterima hangat Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Sistem Informasi IPB, Prof. Dr. Dodik Ridho Nurrochmat, Rabu (3/5) di Kampus IPB Dramaga, Bogor.

Prof. Dodik mengatakan, kegiatan Summer Course ini sangat penting dan harus terus dikembangkan lebih baik, karena sangat bermanfaat bagi mahasiswa asing dan mahasiswa Indonesia. Mahasiswa asing dapat mendapatkan pengalaman berharga tinggal di Indonesia, mempelajari budaya, pertanian dan kehidupan di Indonesia. Sedangkan  mahasiswa Indonesia dapat belajar untuk mengembangkan keilmuan dalam bidang komunikasi dalam bahasa asing.

Prof. Dodik menambahkan, mahasiswa UBC Canada juga dapat memberikan transfer pengetahuan mengenai cara bercocok tanam pertanian modern. Mereka dalam pertanian sudah memakai alat yang mekanis seperti traktor. Sedangkan di Indonesia masih menggunakan alat tradisional seperti  cangkul dan bajak dengan kerbau atau sapi. Walaupun sudah ada yang memakai traktor, tetapi belum sebanyak di Canada. “Ini satu pembelajaran yang menarik bagi mahasiswa USB Canada. Ke depannya mereka dapat belajar terkait persoalan di  Indonesia, karena di Indonesia memiliki persoalan yang khas atau khusus. Mereka tahu tidak semua teknologi dari USB Canada dapat diadopsi di Indonesia. Intinya mereka perlu belajar dan perlu penyesuaian dalam pengembangan teknologi dan organisasi pertanian yang ada di Indonesia,” tuturnya.

Dekan FEM IPB, Dr. Ir. Nunung Nuryartono menyampaikan, kegiatan Summer Course” ini sebagai wahana untuk meningkatkan kerjasama yang lebih besar lagi, terutama dalam bidang pendidikan. The University of British Columbia (UBC) Canada sudah lima kali datang ke IPB. Mereka datang dari berbagai departemen. “Kerjasama Summer Course dengan UBC Canada harus terus ditingkatkan untuk memperkuat kelembagaan terutama bidang riset dan pendidikan,” ujarnya.

Sementara Dosen UBC Canada, Dr. Christopher Bennett menyampaikan, mahasiswa UBC Canada yang berjumlah 20 orang akan mendapatkan pelajaran dari dosen-dosen IPB mengenai pertanian di Indonesia. Mereka juga akan berkunjung langsung untuk melihat dan memahami pertanian dan kehidupan yang ada di desa. (Awl/ris)