AGRIANITA FEM DAY, TEMU RUTIN AGRIANITA FEM


WhatsApp Image 2019-05-06 at 08.40.45

AGRIANITA FEM DAY, TEMU RUTIN AGRIANITA FEM

 Agrianita FEM IPB kembali menyelenggarakan Kegiatan Agrianita FEM Day, Temu Rutin Agrianita FEM. Kegiatan ini rutin diselenggarakan setiap dua bulan dengan host bergantian setiap departemen di Lingkungan FEM. Kali ini yang menjadi host adalah giliran Departemen Manajemen. Kegiatan terselenggara pada hari Jumat, tanggal 3 Mei 2019 bertempat di Selasar FEM IPB. Acara dihadiri oleh para anggota Agrianita FEM baik dosen maupun tendik. Selain sebagai ajang silaturahmi juga sekaligus cucurak menyambut datangnya bulan suci Ramadhan 1440 H.

Acara diawali pembukaan oleh MC (Nisa Zahra, S.T.P., M.Si.) dilanjutkan dengan senam bersama yang dipandu oleh dua orang staf Departemen Manajemen diikuti oleh para hadirin. Kemudian dilanjutkan dengan menyaksikan bersama pemutaran video yang menampilkan Tim Agrianita Departemen Ilmu Ekonomi tampil pada paduan suara dan Tim Departemen Agribisnis pada permainan musik angklung. Kedua tim tersebut telah tampil memukau pada acara Agrianita Day tanggal 24 April 2019 di Auditorium Andi Hakim Nasoetion.

Perwakilan Departemen Manajemen (Farhah Faridah, S.E., M.M.) memberikan sambutan mewakili Ketua Departemen Manajemen antara lain mengatakan bahwa dalam rangka menyambut bulan Ramadhan, acara ini mengambil tema Healthy Food, bergizi dan menggugah selera di bulan Ramadhan. Sesuai dengan temanya, maka acara dilengkapi dengan narasumber ahli gizi dari Departemen Gizi Masyarakat, Fakultas Ekologi Manusia (FEMA IPB) yaitu Dr.Ir. Ikeu Ekayanti, M.Kes. Acara ini diharapkan akan menambah wawasan Ibu-ibu Agrianita tentang menyiapkan menu makanan sehat, penuh gizi dan tentunya menggugah selera anggota keluarga di bulan Ramadhan.

Sambutan selanjutnya adalah dari Ketua Agrianita FEM (Ibu Iis Nunung Nuryartono) mengatakan bahwa Agrianita FEM telah mendapatkan penghargaan sebagai Agrianita terbaik ke -3 di IPB. Harapan kedepan bisa lebih ditingkatkan lagi dengan program-program yang lebih baik dengan kontribusi dari seluruh anggota Agrianita FEM. Kegiatan Agrianita FEM berusaha menghadirkan tema-tema yang dapat bermanfaat dan menambah wawasan. Untuk kesempatan ini mengambil tema persiapan Ramadhan dalam diri kita, salah satunya adalah input makanan sehat dan penuh gizi ke dalam tubuh kita.

Narasumber Dr. Ikeu Ekayanti memaparkan tentang pentingnya di bulan Ramadhan mengasupi tubuh dengan makanan bergizi, karena tubuh memiliki kebutuhan gizi yang sama saat tidak berpuasa. Empat kunci penting yaitu pembagian persentase kebutuhan gizi pada tiap waktu makan, pentingnya menghidrasi tubuh, makan yang cukup dan bergizi, dan berolahraga saat berpuasa. Olah raga dengan waktu terukur dan rutin akan menjadi baik untuk menjaga lingkar perut ideal. Lingkar perut ideal dapat menghindarkan diri dari penyakit. Menu sehat saat berbuka puasa adalah berbuka dengan kudapan manis tetapi tidak berlebih, tidak dengan makanan asam dan terlalu pedas, pilih karbohidrat kompleks dan perbanyak makan sayur dan buah. Tips menyimpan makanan di kulkas jika kita masak dengan jumlah banyak adalah pisahkan terlebih dahulu dan simpan dalam kulkas. Sisanya yang kita konsumsi, jangan sebaliknya konsumsi terlebih dahulu sisanya disimpan. Pada suhu ruang, makanan akan terkontaminasi jika sudah 5 jam.

Setelah pemaparan oleh narasumber, dilanjutkan dengan Healthy Food Challenge, dan setiap departemen dan fakultas diwakili masing-masing 2 orang diberikan tantangan melalui Healthy Food Challenge. Di sini tiap peserta ditantang untuk meramu makanan dengan bahan yang telah disediakan oleh panitia. Para peserta bebas berkreasi terhadap bahan dan alat yang telah disediakan. Juri dari Healthy Food Challenge adalah Ibu Ketua Agrianita FEM dan Dr. Ikeu Ekayanti. Pemenang dari Healthy Food Challenge adalah dari Departemen ESL diikuti oleh juara kedua dan ketiga yaitu Departemen Eksyar dan Departemen Manajemen.

Penghujung acara adalah bersalam-salaman dan bermaaf-maafan serta beramah tamah. Tak ketinggalan juga dengan pengundian door prize dan grand prize. Yang beruntung mendapatkan handphone Xiomi 6A adalah Anggota Agrianita dari Departemen Agribisnis dan yang mendapatkan Televisi 32 inch adalah Anggota Agrianita d  ari Departemen Manajemen.

Acara berjalan tertib dan lancar atas kerjasama yang baik seluruh Tim Panitia Agrianita Departemen Manajemen dan terselenggara atas kerjasama Departemen Manajemen dengan Bank BNI, Wardah Cosmetic, PT AJE Big Cola dan donatur lainnya yang telah berkontribusi pada acara ini.

Marhaban Kareem, Marhaban Ya Ramadhan. Selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan 1440 H, Mohon Maaf Lahir dan Bathin.