Program Doktor

Klik nama program doktor untuk melihat informasi lebih lengkap

Program Doktor Sains Agribisnis - DAGB (S3)

Program Doktor Sains Agribisnis (DAGB) merupakan program pendidikan pascasarjana yang memfokuskan penyediaan pendidikan tingkat lanjut bagi ilmu-ilmu agribisnis dan ragam keterampilan pengambilan keputusan (knowledge based decision) untuk entitas organisasi (privat atau publik) berbasis sumber daya alam dalam sistem dan usaha agribisnis. Penawaran program Doktor Sains Agribisnis (DAGB) ini dilandasi oleh keyakinan bahwa penguasaan ilmu-ilmu agribisnis lanjutan dan up to date termasuk kurikulum baru yang mampu menyambut hadirnya era pertanian 4.0 masyarakat 5.0 diperlukan untuk membantu dunia agribisnis Indonesia khususnya, dalam rangka menghadapi perkembangan globalisasi yang cepat, volatilitas harga pangan, tekanan dari sisi supply (pasokan) dan hasil yang tidak terprediksi, semakin kompleksnya rantai nilai produk pangan baik lokal maupun global, perubahan kebijakan dan regulasi serta tuntutan keberlanjutan dalam semua aspek keputusan bisnis yang dihadapi oleh sektor agribisnis tropika, khususnya agribisnis Indonesia

Program Doktor Ilmu Perencanaan Pembangunan Wilayah dan Perdesaan - (S3)

Program Studi Ilmu Perencanaan Pembangunan Wilayah dan Perdesaan (PS PWD) merupakan salah satu program studi tertua di Pascasarjana, Institut Pertanian Bogor (IPB), yang menawarkan program pendidikan S3. PS-PWD diselenggarakan untuk merespon kebutuhan sumber daya manusia yang handal dalam memahami permasalahaa perencaan wilayah dan perdesan yang bersifat kompleks dan multidimensi. Penekanan bukan hanya pada pentingnya memahami aspek spasial dalam perencanaan pembangunan wilayah dan perdesaan, namun juga menyangkut ekonomi perencanaan, politik dan tata kelola serta pengelolaan submber daya alam dan lingkungan dalam konteks pengelolaan wilayah dan perdesaan. Program Doktoral PWD juga akan membekali mahasiswa pada prinsip-prinsip filosofis, historis dan cara pinding kritis dan holistik dalam memahami dan memecahkan persoalan pembangunan wilayah dan perdesaan. PS PWD mendapat ijin resmi dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi SK No.584/DIKTI/Kep/1993, tanggal 2 Oktober 1993. Sesuai SK Rektor 037/K13/OT/2006, home base Program Doktor PS PWD berada di Fakultas Ekonomi dan Manajemen

Program Doktor Ilmu Ekonomi Pertanian - (S3)

Program Studi Doktor Ilmu Ekonomi Pertanian (PS Doktor EPN) merupakan salah satu program pascasarjana tertua di IPB. Didirikan pada tahun 1975, PS Doktor EPN bertujuan untuk menghasilkan sumberdaya manusia Indonesia yang mumpuni di bidang Ilmu Ekonomi Pertanian. Dalam usianya yang ke 47 tahun, PS Doktor EPN telah menghasilkan banyak alumni yang berdedikasi tinggi dan berkontribusi nyata dalam Pembangunan Ekonomi dan Ekonomi Pertanian di Indonesia.

Program Doktor Ilmu Ekonomi - (S3)

Tantangan di level internasional (globalisasi) dan domestik (otonomi daerah dan desentralisasi fiskal) seperti yang telah diuraikan di atas dapat dikategorikan sebagai sisi permintaan (demand side) yang menjadi alasan didirikannya program S3 Ilmu Ekonomi (IE), Fakultas Ekonomi dan Manajemen (FEM)-Institut Pertanian Bogor (IPB). Melalui program ini, SDM dididik untuk menguasai teori-teori ilmu ekonomi lanjut dengan kekuatan analisis kuantitatif beserta terapannya dalam menghadapi berbagai persoalan-persoalan ekonomi baik di level internasional maupun nasional/regional.

Program Doktor Ekonomi Kelautan Tropika - (S3)

Dalam mewujudkan pembangunan kelautan sebagai tumpuan ekonomi nasional maka perlu upaya kuat untuk meningkatkan kemampuan sumberdaya manusia dan iptek bangsa guna memanfaatkan sumberdaya kelautan secara optimal dan berkelanjutan. Pembangunan kelautan perlu dilakukan secara efisien sesuai dengan ketersediaan sumberdaya alam, mencegah terjadinya kerusakan dan bahkan dapat mendorong pemulihan sumberdaya alam yang telah rusak. Paradigma inilah yang mendasari konsep Blue Economy. Guna meningkatkan efisiensi tata kelola pembangunan kelautan maka perlu memperhatikan karakteristik sumberdaya alam, sosial, ekonomi dan kelembagaan yang ada.

Informasi Pendaftaran Program
Pendidikan Doktor FEM IPB University