Salah satu bagian dari pengembangan program-program studi yang ada di FEM adalah melalui penguatan kerjasama dengan berbagai universitas di luar negeri, yang diantaranya adalah dengan International Islamic University Malaysia (IIUM) dan Universiti Putra Malaysia (UPM). Pada hari Jumat 20 Oktober 2023 telah diadakan dua pertemuan antara FEM IPB dengan KENMS (Kulliyyah of Economics and Management Sciences) IIUM dan dengan School of Business and Economics (SBE) UPM serta Department of Agribusiness Faculty of Agriculture UPM. Dalam kesempatan tersebut, delegasi FEM langsung dipimpin oleh Dekan FEM Dr Irfan Syauqi Beik, didampingi Wakil Dekan FEM bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni (AKA) Dr Anna Fariyanti, Wakil Dekan FEM bidang Sumberdaya, Kerjasama, dan Pengembangan (SKP) Dr Lukytawati Anggraeni, dan Tita Nursyamsiah, staf pengajar FEM IPB yang sedang mengambil S3 di IIUM.

Pada pertemuan dengan KENMS IIUM pada Jumat pagi (20/10), rombongan FEM diterima langsung oleh Dekan KENMS Prof Dr Gairuzazmi bin Mat Ghani yang didampingi Wakil Dekan bidang Kemahasiswaan dan Pengabdian Masyarakat Dr Nik Hziman bin Nik Mat dan Ketua Departemen Ilmu Ekonomi Dr Mohamed Asmy. Sementara pada pertemuan dengan UPM di sore harinya, delegasi FEM diterima langsung oleh Dekan SBE UPM Prof Dr Bany Ariffin Amin Noordin, yang didampingi oleh Wakil Dekan bidang Kemahasiswaan S1 Dr Norashidah Mohamed Nor, Wakil Dekan bidang Hubungan Korporasi dan Komunitas Prof Dr Rozanah Ab Rahman, dan Ketua Departemen Agribisnis Dr Nitty Hirawaty.

Dalam pertemuan tersebut, baik dengan IIUM maupun UPM, telah disepakati sejumlah hal strategis yang akan ditindaklanjuti bersama. Diantaranya adalah terkait program kelas internasional, double degree untuk master, pengabdian masyarakat internasional yang melibatkan mahasiswa kedua negara, kerjasama summer/winter course, program student mobility, kuliah tamu dan riset bersama. Diharapkan program-program tersebut sudah dapat dilaksanakan secara bertahap pada tahun 2024. Untuk itu, disepakati untuk menyiapkan task force yang akan menindaklanjuti kesepakatan bersama ini. 

Bagi FEM IPB, kolaborasi dengan IIUM dan UPM merupakan bagian dari penguatan internasionalisasi fakultas dalam melaksanakan tri dharma perguruan tinggi. “Alhamdulillah, pertemuan dengan IIUM dan dengan UPM berjalan dengan sangat produktif, dan semoga bisa segera direalisasikan mulai tahun depan, insya Allah,” ujar Irfan. Irfan pun berharap agar kolaborasi ini akan semakin menguatkan hubungan Indonesia dan Malaysia, sekaligus memberikan dampak signifikan terhadap pembangunan pendidikan di masing-masing negara.

Related Posts