Enam Mahasiswa FEM-IPB University Ujian Sidang Thesis di Adelaide University


enam-mahasiswa-ipb-university-ujian-sidang-thesis-di-adelaide-university-newsDelegasi dari Departemen Ilmu Ekonomi bersama dengan Dekan Fakultas Ekonomi dan Manajemen, Prof Nunung Nuryartono, melakukan kunjungan kerja ke Adelaide University, Australia, (2-6/12). Kunjungan tersebut terkait dengan program Split Site tingkat master (S2) yang telah dirintis oleh Departemen Ilmu Ekonomi sejak tahun 2012 dan berlanjut hingga sekarang. Prof. Nunung Nuryartono menyatakan bahwa kerjasama tersebut akan dikembangkan ke arah yang lebih luas, tidak hanya terbatas pada program master, namun juga pada program doktor dan sarjana.

Menurut Ketua Departemen Ilmu Ekonomi, Dr Sahara, program tersebut merupakan kerjasama antar empat institusi yaitu IPB University, The University of Adelaide, Australia Awards dan berbagai instansi di Indonesia dimulai dari Kementerian Perdagangan (tahun 2012 dan 2013) yang kemudian di tahun-tahun berikutnya berlanjut dengan Pemda Aceh, dan Badan Pusat Statistik.

“Tujuan utama kunjungan ini adalah penyelenggaraan ujian sidang thesis terhadap enam mahasiswa yang terlibat pada split site master program, pengembangan kerjasama pendidikan di tingkat sarjana (S1) dan Doktor (S3) serta pengembangan kerjasama penelitian,” ujarnya.

Lebih lanjut Dr Sahara menjelaskan bahwa para mahasiswa yang mengikuti program tersebut mengambil kuliah selama satu tahun di Departemen Ilmu Ekonomi plus satu tahun di Adelaide University. Pada awal bulan Desember ini keenam mahasiswa tersebut telah menyelesaikan semua kegiatan perkuliahan di Adelaide yang kemudian dilanjutkan dengan ujian sidang. Ujian sidang tersebut dihadiri oleh semua komisi pembimbing, penguji utama dan perwakilan dari program studi.

Terkait dengan komisi pembimbing, pada split site master program, Departemen Ilmu Ekonomi menerapkan sistem joint supervisors (satu pembimbing dari Adelaide University dan satu pembimbing dari IPB University). Terdapat lima pembimbing dari Indonesia yaitu: Prof Nunung Nuryartono, Dr Sahara, Dr Lukytawati Anggraini, Dr Tony Irawan dan Dr Dedi Budiman Hakim. Adapun pembimbing dari Adelaide University adalah: Associate Professor Mandar Oak, Dr. Eran Binenbaurn, Dr. Raul Baretto, dan Dr, Nadezhda Baryshnikova.

Selain melakukan ujian sidang thesis, pada kunjungan kerja tersebut juga dilakukan evaluasi terhadap program split site dengan melakukan diskusi dari kedua belah pihak yaitu mahasiswa peserta program dan School of Economics. Pada kesempatan tersebut terdapat beberapa masukan dari mahasiswa terkait penyelenggaraan program tersebut.

Head School of Economics, Adelaide University, Dr Gareth Myles, menyatakan bahwa mereka sangat puas dengan performance mahasiswa yang dikirimkan dari Departemen Ilmu Ekonomi dan sangat berharap agar program tersebut bisa terus berlanjut ke depannya.
Lebih lanjut Delegasi Departemen Ilmu Ekonomi juga melakukan pertemuan dengan pihak Faculty of Profession (fakultas yang membawahi School of Economics).

Menurut Dr Sahara, Departemen Ilmu Ekonomi mendapatkan mandat dari rektor untuk membuka kelas internasional. Oleh karena itu, keberadaan partner university yang bereputasi di luar negeri sangat diperlukan. Usulan tersebut disambut baik oleh pihak Faculty of Profession.

Selain di bidang pendidikan, kerjasama di bidang penelitian juga terus dikembangkan melalui pertemuan dengan Prof Wendy Umberger, the Executive Director of the Centre for Global Food & Resources, Adelaide University. Prof Wendy menyatakan bahwa kerjasama penelitian antara Adelaide University dengan IPB University telah berlangsung lama dan akan terus dikembangkan ke depannya. Dalam waktu dekat ini akan dilaksanakan kerjasama baru terkait dengan peningkatan kualitas komoditas susu di Indonesia. (**/Zul ipb.ac.id)

Published Date : 06-Dec-2019

Resource Person : Prof Nunung Nuryartono

Keyword : Thesis Mahasiswa, Ilmu Ekonomi, IPB University, Adelaide