Salah satu wilayah yang terus mengalami perkembangan dan kemajuan di Thailand adalah wilayah Thailand Selatan, khususnya Pattani, meski sebelumnya dilanda konflik berkepanjangan. Sebagai salah satu universitas terkemuka di wilayah selatan Thailand, Fatoni University terus berupaya mengembangkan berbagai program yang memberikan dampak bagi wilayah yang dihuni mayoritas muslim. Untuk itu, Fatoni University mengajak kerjasama FEM IPB khususnya dalam program pemberdayaan masyarakat, kerjasama pendidikan dan riset, serta instrumen keuangan sosial syariah, khususnya zakat. Dalam pertemuan yang dilaksanakan pada hari kamis 21 Desember 2023 lalu, Wakil Rektor Fatoni University Prof Muhammadzakee Cheha menyampaikan pentingnya kerjasama dengan FEM IPB dalam mengembangkan ketiga area tersebut.

Penandatanganan Kerjasama Oleh Dr Irfan Syauqi Beik

Merespon hal tersebut, Dekan FEM IPB Dr Irfan Syauqi Beik menyampaikan kesiapan FEM IPB dalam menyambut kerjasama dengan Fatoni University. “Kerjasama dengan Fatoni University sangat penting, khususnya dalam mengembangkan institusi zakat di Thailand Selatan, dan ini sejalan dengan pertemuan sebelumnya bersama Ketua Parlemen Thailand yang juga berasal dari wilayah selatan Thailand,” ujar Irfan. Untuk itu, Irfan menyarankan Fatoni University menyiapkan dedicated team yang secara khusus akan menjadi cikal bakal berdirinya lembaga zakat di Thailand. Merespon hal tersebut, Wakil Rektor Fatoni University menyampaikan kesanggupannya dalam menyiapkan tim khusus tersebut.

Selain itu, bisa juga dikembangkan kegiatan pengabdian masyarakat internasional, khususnya dalam program KKNT yang akan dilaksanakan secara bersama antara mahasiswa FEM IPB dengan mahasiswa Fatoni University. Untuk itu, baik Wakil Rektor Fatoni University maupun Dekan FEM IPB sepakat untuk segera merancang MoU dan MoA secara sekaligus, sebagai payung kerjasama kedua belah pihak.

Dalam pertemuan tersebut, Dekan FEM didampingi oleh Wakil Dekan Bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni, Dr Anna Fariyanti, dan Wakil Dekan Bidang Sumberdaya, Kerjasama dan Pengembangan, Dr Lukytawati Anggraeni. Adapun diantara pimpinan Fatoni University yang mendampingi Prof Cheha adalah Ketua Departemen Ekonomi, Abdul Hageem yang juga merupakan alumni program Magister Ilmu Manajemen FEM IPB. Sebelum pandemi, tepatnya tahun 2019 lalu, sebanyak enam orang mahasiswa Fatoni University menghadiri kegiatan Islamic Economics Winter Course yang diselenggarakan oleh Departemen Ilmu Ekonomi Syariah FEM IPB.

Related Posts